Pembaruan: Coronavirus meminta pembuat alat kolaborasi untuk menawarkan barang secara gratis

Beberapa vendor, termasuk Microsoft, Google, Slack, Zoom, Cisco dan LogMeIn, membuat chat, konferensi video, dan layanan kolaborasi lainnya gratis karena permintaan untuk booming kerja jarak jauh.

Vendor perangkat lunak kolaborasi dan konferensi video besar sekarang menawarkan produk kepada pengguna secara gratis sebagai tanggapan terhadap penyebaran virus corona.

Kekhawatiran tentang virus COVID-19 telah menyebabkan booming di seluruh dunia dalam pekerjaan jarak jauh, karena organisasi mendorong atau mengharuskan karyawan untuk tinggal di rumah dan kota-kota, negara bagian dan bahkan beberapa negara terkunci.

Sementara banyak perusahaan telah melihat harga saham mereka terpukul karena gangguan yang disebabkan oleh virus, beberapa vendor perangkat lunak yang memungkinkan pekerjaan jarak jauh, seperti penyedia perangkat lunak konferensi video Zoom, telah melihat nilai saham mereka naik secara dramatis.

Meskipun banyak penyedia kolaborasi dan komunikasi sudah menawarkan versi gratis – tetapi terbatas – dari perangkat lunak mereka, di tengah krisis yang sedang berlangsung banyak yang telah mengumumkan kesepakatan lebih lanjut, biasanya untuk menyediakan fitur berbayar tambahan tanpa biaya tambahan. Beberapa telah membuat layanan mereka gratis untuk organisasi kesehatan dan pendidikan juga.
Kami telah melacak penawaran ini di bawah (dalam urutan abjad dengan nama perusahaan) dan akan terus memperbarui cerita ini saat lebih banyak diumumkan.

8×8

Vendor komunikasi terpadu mengumumkan fitur-fitur baru untuk aplikasi video mandiri gratisnya, 8×8 Video Meetings.

Atlassian

Baru-baru ini Atlassian membuat berbagai aplikasi yang lebih luas tersedia secara gratis.

CafeX

Aplikasi kolaborasi Challo CafeX gratis untuk digunakan hingga 1 Juli.
Cisco

Cisco telah memperluas daftar fitur yang tersedia sebagai bagian dari penawaran Webex gratis di semua negara di mana tersedia.

Facebook

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan pada 18 Maret bahwa salah satu versi berbayar.

Google

Google menawarkan kemampuan konferensi video Hangouts Meet canggih untuk semua pelanggan G Suite dan G Suite Education tanpa biaya tambahan.

“Pertanyaannya adalah apakah ini mengarah pada perubahan pola pikir dalam jangka panjang. Untuk karyawan itu sendiri, banyak sekarang akan belajar bagaimana menjadi produktif ketika bekerja dari rumah, dan bagaimana berkolaborasi dengan rekan kerja secara efektif di luar kantor. Saya pikir kita akan melihat masalah konektivitas yang buruk muncul serta lebih banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk panggilan konferensi. ”

Sumber : www.computerworld.com