Pada tahun 2030, inilah yang dapat dilakukan komputer

Perkembangan dalam komputasi mendorong transformasi seluruh sistem produksi, manajemen, dan tata kelola. Dalam wawancara ini Justine Cassell, Associate Dean, Teknologi, Strategi dan Dampak, di Sekolah Ilmu Komputer, Universitas Carnegie Mellon, dan ketua bersama Global Future Council on Computing, mengatakan kita harus memastikan bahwa perkembangan ini bermanfaat bagi semua masyarakat, tidak hanya orang kaya atau mereka yang berpartisipasi dalam “ekonomi baru”.

Mengapa dunia harus peduli tentang masa depan komputasi?

Saat ini komputer ada dalam hampir semua yang kita sentuh, sepanjang hari. Kita masih memiliki citra komputer sebagai objek persegi panjang baik di atas meja, atau saat ini di saku kita; tapi komputer ada di mobil kita, mereka ada di termostat kita, mereka ada di lemari es kita. Kenyataannya, semakin banyak komputer tidak lagi menjadi objek, tetapi mereka memenuhi kain dan hampir semua materi lainnya. Karena itu, kita benar-benar perlu peduli tentang apa yang dimiliki masa depan komputasi karena akan berdampak pada kehidupan kita sepanjang hari.

Ceritakan tentang terobosan teknologi yang telah kita lihat, dan apa yang Anda harapkan di tahun-tahun mendatang?

Beberapa terobosan menarik ada hubungannya dengan internet hal. Dengan cara yang sama kita memiliki kecenderungan untuk menganggap komputer sebagai kotak persegi panjang, kita memiliki kecenderungan untuk menganggap internet sebagai semacam eter yang mengapung di sekitar kita. Tetapi baru-baru ini para peneliti telah membuat terobosan besar dalam menciptakan cara bagi semua objek untuk berkomunikasi; sehingga ponsel Anda dapat berkomunikasi dengan kulkas Anda, yang mungkin berkomunikasi dengan bola lampu. Bahkan, dalam waktu dekat, bola lampu itu sendiri akan menjadi komputer, memproyeksikan informasi, bukan cahaya.

Demikian pula, komputasi biologis membahas bagaimana tubuh itu sendiri dapat menghitung, bagaimana kita dapat berpikir tentang materi genetik sebagai komputasi. Anda dapat menganggap komputasi biologis sebagai cara menghitung RNA atau DNA dan memahami bioteknologi sebagai sejenis komputer. Salah satu rekan saya di sini di Carnegie Mellon, Adam Feinberg, telah menjadi jaringan jantung pencetakan 3D. Dia telah merancang bagian-bagian tubuh pada komputer menggunakan model yang sangat halus yang didasarkan pada tubuh manusia, dan kemudian menggunakan teknik teknik untuk membuat organisme hidup. Itu perbedaan yang sangat radikal dalam apa yang kita anggap infrastruktur digital dan perubahan itu mendukung perubahan radikal dalam cara kita bekerja, dan hidup, dan siapa kita sebagai manusia.

Dan komputasi kuantum memungkinkan kita untuk membayangkan masa depan di mana terobosan besar dalam sains akan dibuat oleh komputer yang tidak lagi terikat pada biner 0s dan 1s sederhana.

Sumber : www.weforum.org