G Suite vs Office 365: Apa suite kantor terbaik untuk bisnis?

Memilih suite kantor dulunya tidak sulit, tetapi Google Suite sekarang menjadi alternatif yang kuat dan penuh fitur untuk Microsoft Office. Kami merinci pro dan kontra dari setiap suite untuk membantu Anda memutuskan mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Sekali waktu, Microsoft Office memerintah dunia bisnis. Pada akhir 90-an dan awal 2000-an, office suite Microsoft telah menepis saingan seperti WordPerfect Office dan Lotus SmartSuite, dan tidak ada persaingan di cakrawala. Kemudian pada tahun 2006 Google datang bersama dengan Google Docs & Spreadsheets, duo pengolah kata dan kolaborasi lembar kerja online yang digabungkan dengan layanan bisnis lainnya untuk membentuk suite Google Apps, yang kemudian diganti namanya menjadi G Suite.

Meskipun rangkaian produktivitas Google tidak segera menggemparkan dunia bisnis, seiring berjalannya waktu, ia telah memperoleh fitur dan popularitas, kini menawarkan lebih dari 5 juta pelanggan yang membayar. Microsoft, sementara itu, telah mengalihkan penekanannya dari perangkat lunak Office berlisensi tradisional ke Office 365, versi berbasis langganan yang diperlakukan lebih seperti layanan, dengan pembaruan yang sering dan fitur baru. Office 365 adalah fokus kami dalam cerita ini.

G Suite vs. Office 365: Apa suite produktivitas terbaik?

G Suite dan Office 365 memiliki banyak kesamaan. Keduanya berbasis biaya berlangganan bisnis per orang setiap bulan, dalam berbagai tingkatan, tergantung pada kemampuan yang dicari pelanggan mereka. Meskipun G Suite berbasis web, G Suite juga memiliki kemampuan untuk bekerja offline. Dan sementara Office 365 didasarkan pada perangkat lunak desktop yang diinstal, ia juga menyediakan versi aplikasi web yang (kurang kuat).
Kedua suite bekerja dengan baik dengan berbagai perangkat. Karena berbasis web, G Suite berfungsi di sebagian besar browser di sistem operasi apa pun, dan Google juga menawarkan aplikasi untuk Android dan iOS. Microsoft menyediakan aplikasi klien Office untuk Windows, macOS, iOS dan Android, dan aplikasi berbasis webnya bekerja di seluruh browser.

icrosoft Office 365 opsi penetapan harga untuk bisnis

Langganan bisnis Office 365 lebih rumit dan berkisar dari $ 5 per pengguna per bulan untuk versi paling dasar, Office 365 Business Essentials, hingga $ 35 per pengguna per bulan untuk Office 365 E5, versi yang paling penuh fitur untuk perusahaan. Tabel di bawah menguraikan apa yang Anda dapatkan dengan setiap versi. Tiga “Bisnis” rencana di sebelah kiri adalah untuk usaha kecil dengan hingga 300 karyawan; empat di sebelah kanan dimaksudkan untuk organisasi yang lebih besar. (Gulir untuk melihat kolom paling kanan.)

G Suite vs. Office 365: Aplikasi demi aplikasi

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda, dan bisnis Anda dapat memberi nilai lebih besar pada aplikasi tertentu daripada yang lain. Untuk beberapa perusahaan, pengolah kata dan email mungkin merupakan aplikasi yang paling penting dalam office suite, sementara yang lain mungkin membutuhkan program spreadsheet yang kuat di atas segalanya.

Untuk membantu, kami telah membandingkan setiap jenis aplikasi utama di G Suite dan Office 365 sehingga Anda dapat memusatkan perhatian pada aplikasi yang paling penting bagi bisnis Anda dan membiarkan kekuatan dan kelemahannya memandu keputusan keseluruhan Anda. Kami hanya menyertakan sorotan di bawah ini; jika Anda ingin detail lebih lanjut tentang setiap aplikasi, kami telah ditautkan ke artikel Computerworld yang menawarkan perbandingan mendalam.

Sumber : www.computerworld.com